Serba Serbi Layanan Buy Now Pay Later

Seperti namanya, layanan Buy Now Pay Later memungkinkan kamu melakukan pembelian tetapi membayarnya di lain waktu, biasanya melalui serangkaian cicilan.

Meskipun pembayaran jenis ini telah tersedia selama bertahun-tahun, namun popularitasnya meledak selama pandemi karena lebih banyak orang kini beralih ke belanja online.

Jadi, apa itu layanan Buy Now Pay Later? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Buy Now Pay Later: Apa itu?

Serba Serbi Layanan Buy Now Pay Later

BNPL singkatan dari Buy Now Pay Later, adalah jenis pembayaran dengan pinjaman cicilan tanpa kartu kredit.

Layanan ini membiayai belanja kamu dengan membagi total belanja menjadi beberapa pembayaran. Biasanya, pembayaran yang pertama langsung jatuh tempo saat checkout. Sedangkan, sisa pembayaran akan kamu lanjutkan pada bulan berikutnya.

PayLater juga dapat disertai dengan bunga dan denda keterlambatan. Meskipun demikian, beberapa penyedia biasanya memiliki rate yang berbeda-beda. Jadi, kamu harus teliti dalam membaca syarat dan ketentuan sebelum menggunakan PayLater.

Perkembangan Layanan Buy Now Pay Later

Layanan PayLater memang lagi jadi trending topic di dunia finansial. Pasalnya, layanan  ini ternyata merupakan solusi tersendiri bagi para penggunanya untuk mewujudkan impian tanpa perlu menunda karena kondisi keuangan yang minim.

Menurut The Ascent, pada tahun 2020 lalu, sekitar 55,8% pengguna internet telah menggunakan PayLater. Tentu saja, persentase ini malah meningkat pada tahun berikutnya. Terlebih lagi, The Ascent telah melansir pernyataan bahwa ada peningkatan penggunaan PayLater sebesar 50% di tahun 2021.

Pada mulanya, layanan PayLater hanya tersedia untuk membeli peralatan elektronik dan furniture. Namun, sekarang kamu bahkan sudah bisa meng-kredit liburan dengan terobosan baru PayLater Traveloka.

Bagaimana Cara Kerja Layanan PayLater?

Saat check out, kamu akan melihat opsi untuk menggunakan PayLater dan membayar cicilan pertama.

Jika tertarik, kamu dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan melakukan verifikasi melalui sistem PayLater.

Misalnya saja, PayLater Traveloka akan meminta informasi seperti nama, alamat, tanggal lahir, identitas dan nomor telepon kamu.

Kemudian, Traveloka akan melakukan verifikasi sederhana untuk menyetujui atau menolak aplikasi kamu dalam waktu singkat.

Kriteria approval tentu saja bervariasi. Namun, kamu dapat selalu mencoba mengajukan kredit untuk mengetahui apakah kamu benar-benar memenuhi syarat.

Tenor cicilan di Traveloka PayLater juga bervariasi. Kamu bahkan bisa menentukan sendiri panjang cicilan dari 3 bulan hingga 12 bulan.

Saat terlambat melakukan pembayaran, tentu saja kamu perlu membayar sejumlah denda.

Namun, jangan khawatir karena PayLater Traveloka hanya akan mengenakan denda sebesar 5% per bulan dari total tanggungan kamu. Dengan catatan, kamu tidak telat membayar hingga lebih dari 3 bulan.

Amankah Menggunakan Buy Now Pay Later?

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memutuskan apakah akan memilih opsi pembayaran BNPL.

Pastikan kamu menggunakan BNPL saat kamu memang betul-betul membutuhkan. Misalnya saja, untuk perjalanan bisnis atau acara keluarga yang mendesak di luar kota.

Selanjutnya, kamu juga perlu mengecek kemampuan pembayaranmu dan menentukan sendiri tenor cicilan.

Selain itu, kamu juga harus mencari paket BNPL dengan bunga minimal seperti Traveloka PayLater. Dengan bunga tidak mulai dari 2,25% per bulan, PayLater Traveloka tentu saja memberikan solusi pembayaran yang sangat memudahkan.

Akhir Kata

Buy Now Pay Later merupakan solusi modern untuk berbagai kebutuhan kamu. Dengan layanan BNPL seperti Traveloka PayLater, kamu bahkan bisa berlibur dulu dan membayarnya kemudian. Pas untuk kebutuhan perjalanan mendesak atau liburan ramai-ramai dengan keluarga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *