Membeli Bisnis Tanpa Mengeluarkan Modal

bisnis tanpa modal

bisnis tanpa modal

Banyak pengusaha cerdas akan memilih untuk membeli bisnis yang sudah ada daripada memulai dari awal. Membeli perusahaan yang sudah ada memiliki banyak keuntungan, termasuk produk dan layanan yang mapan, staf yang telah dilatih dan akrab dengan bisnis, dan kemampuan untuk mempertahankan kelangsungan bisnis untuk jangka waktu yang lama. Akuisisi bisnis masih dapat dicapai bahkan ketika Anda tidak memiliki satu sen pun di saku anda.

Masuk dan Bertahan dalam Bisnis

Identifikasi bisnis yang paling cocok untuk Anda

Sebelum membeli bisnis, pikirkan bisnis apa yang ingin Anda jalankan. Bahkan jika Anda berniat untuk mendesain ulang unit perusahaan Anda untuk menghasilkan keuntungan, Anda tetap akan diminta untuk mengoperasikan dan mengembangkan unit bisnis tersebut dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, mencari bisnis yang sempurna akan membantu dalam mengidentifikasi unit bisnis yang akan dibeli.

Temukan unit perusahaan yang pemiliknya berencana untuk pergi

Di kota Anda, lihat operasi bisnis kecil dan orang-orang yang menjalankannya. Ketika sebuah unit usaha siap untuk dijual, biasanya karena pemiliknya akan pensiun atau beralih ke peluang bisnis baru. Saat pemilik bisnis pensiun, Anda mungkin memiliki peluang lebih besar untuk mengakuisisi unit bisnis karena pemilik lebih mungkin ingin menjual unit bisnis dengan cepat. Menemukan unit bisnis ini, di sisi lain, adalah tugas yang sulit. Cobalah saran berikut untuk menemukan unit bisnis yang akan dijual:

  • Konsultasikan dengan pengacara atau akuntan yang memiliki pengalaman bekerja dengan perusahaan kecil.
  • Bicaralah langsung dengan pemilik perusahaan. Meskipun mungkin pemilik tidak memiliki rencana untuk menjual perusahaannya, mungkin juga dia mengetahui pemilik unit bisnis lain yang tertarik untuk menjual miliknya.
  • Baca media lokal dan awasi pemilik bisnis yang akan pensiun.

Datanglah pada waktu yang tepat

Untuk mendapatkan harga yang bagus, Anda harus menawar pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat, di sisi lain, sepenuhnya tergantung pada kebijaksanaan pemilik bisnis. Sebagai contoh, seperti yang dikatakan sebelumnya, seorang pemilik bisnis sudah mempertimbangkan untuk pensiun.

Selain itu, pemilik bisnis yang sedang mengalami resesi atau kondisi ekonomi yang memburuk lebih cenderung berusaha untuk menjual perusahaan mereka untuk menjaga kesehatan keuangan mereka. Pembeli dalam keadaan ini menanggung risiko yang signifikan, tetapi mereka mungkin mengambil kesempatan dan berusaha untuk membangun bisnis mereka secepat mungkin setelah menghindari bencana keuangan.

Konsultasikan dengan pengacara

Saat melakukan LBO (leveraged buyout), yang merupakan proses pembelian perusahaan tanpa menggunakan dana pribadi, Anda akan memerlukan jasa pengacara bisnis yang berpengalaman untuk memastikan bahwa perjanjian tersebut terstruktur dengan baik.

Alih-alih pengacara umum, berkonsultasilah dengan pengacara penjualan bisnis yang berspesialisasi dalam penjualan bisnis. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam transaksi bisnis.

Berinvestasi di Unit Bisnis

Cari bisnis yang menyediakan pembiayaan penjual

Untuk mendanai pembelian bisnis mereka, beberapa penjual bisnis menawarkan untuk meminjamkan uang kepada pembeli. Menemukan bisnis yang ditawarkan dengan pembiayaan yang diberikan oleh pemilik bisnis adalah langkah pertama dalam membeli bisnis tanpa harus menggunakan dana pribadi Anda.

Ingatlah bahwa hampir tidak ada pemilik bisnis yang akan membiayai seluruh harga pembelian perusahaan secara langsung. Namun, sebagai bagian dari kesepakatan, Anda masih akan diminta untuk menyerahkan “uang muka”. Uang muka ini dapat dikumpulkan dari berbagai sumber pembiayaan, memungkinkan Anda untuk membeli perusahaan tanpa harus menggunakan dana pribadi Anda.

Pemilik bisnis biasanya siap untuk membiayai pembelian unit bisnis mereka karena dua alasan:

Pertama, mereka ingin dapat memperluas operasi mereka. Pemilik bisnis memiliki keyakinan pada kemampuan perusahaannya untuk berhasil. Pemilik bisnis juga memiliki keyakinan pada kemampuan Anda untuk menangani perusahaannya secara efektif.

Namun, ini juga menyiratkan bahwa pasar untuk perusahaan sangat sempit, menghasilkan sejumlah kecil pelanggan. Karena itu, penjual wajib melikuidasi usahanya dengan harga yang lebih murah.

Kedua, buat penawaran yang unik dan imajinatif. Pertimbangkan untuk membuat penawaran tunai dengan pembelian bisnis Anda jika pemiliknya ragu-ragu untuk memberikan pembiayaan 100 persen untuk transaksi tersebut.

Sebagai contoh, Anda dapat memberikan pembayaran atau tingkat bunga yang lebih tinggi. Misalnya, pembeli mungkin setuju untuk bekerja tanpa bayaran untuk jangka waktu beberapa bulan sambil memberi penjual keseluruhan penghasilan yang diperoleh selama waktu itu.

Temukan pemilik bisnis yang tertarik menjadi investor pasif

Beberapa pemilik bisnis telah melakukan banyak upaya untuk menjalankan perusahaan mereka selama bertahun-tahun. Pemilik bisnis ini ingin pensiun, tetapi dia masih membutuhkan pendapatan dari operasinya. Pemilik bisnis tersebut akan menjual bisnis mereka kepada Anda jika mereka memperoleh sebagian keuntungan dari unit bisnis tersebut.

Anda masih akan diminta untuk mengirimkan uang muka dalam situasi ini. Namun, selama beberapa tahun ke depan, Anda harus memberikan kontribusi kepada pemilik sebelumnya dari bagian keuntungan Anda. Strategi yang mirip dengan pembiayaan oleh penjual, dengan perbedaan bahwa pembayaran kepada pemilik sebelumnya bergantung pada keberhasilan bisnis. Selain itu, Anda tidak berhutang saat ini.

Identifikasi sumber keuangan kedua, jika diperlukan

Pemilik yang bersedia membiayai seluruh harga pembelian unit bisnis sangat jarang. Akibatnya, Anda akan membutuhkan sumber uang kedua.

Pinjaman bank dapat menjadi pilihan, tetapi proses aplikasi dan persetujuan untuk pinjaman perusahaan kecil biasanya memakan waktu dan rumit. Bank umumnya enggan memberikan pembiayaan 100 persen kepada perusahaan. Sebagian besar waktu, pilihan terbaik Anda adalah dengan investor lain.

Mengundang investor lain

Jika Anda tidak dapat membiayai pembelian dengan metode lain, Anda akan terpaksa mencari sumber pembiayaan kedua. Mereka dapat memberikan uang yang sangat dibutuhkan dengan imbalan bagian dari keuntungan masa depan dari unit perusahaan yang bersangkutan. Anda bahkan dapat membawa “mitra pasif”, yang tidak akan bertanggung jawab atas operasi perusahaan sehari-hari.

Rekomendasi tambahan termasuk menerbitkan saham preferen kepada berbagai investor (termasuk keluarga dan teman) atau mengeluarkan pinjaman tanpa jaminan untuk membantu Anda memulai.

Baca Juga:

Petingnya Teknologi dalam Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *