Bagaimana Melakukan Riset Pasar

Bagaimana Melakukan Riset Pasar

Bagaimana Melakukan Riset Pasar

Survei pasar merupakan komponen penting dari riset pasar karena memungkinkan perusahaan untuk mengukur pendapat dan preferensi pelanggan di pasar tertentu. Survei iklan datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan gaya, dan melayani berbagai tujuan. Mereka adalah salah satu sumber informasi terpenting yang digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk memilih produk dan layanan mana yang akan disediakan dan bagaimana memasarkannya. Tahapan ini akan mengajarkan Anda dasar-dasar bagaimana melakukan survei pasar dan akan menawarkan saran untuk memaksimalkan temuan Anda.

Menjangkau Pemirsa yang Tepat

Tetapkan tujuan studi riset pasar Anda

Sebelum Anda memulai rencana apa pun, pastikan Anda memahami tujuan riset pasar Anda. Apa yang ingin Anda ketahui? Apakah Anda ingin mencoba menentukan seberapa baik pasar Anda akan menerima produk baru sebelum meluncurkannya? Mungkin Anda ingin mengetahui seberapa baik pemasaran Anda menjangkau calon pelanggan Anda. Apa pun tujuan Anda, pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai.

Pertimbangkan skenario berikut: Anda adalah pemilik perusahaan yang menjual dan memperbaiki peralatan komputer. Anda ingin mengetahui berapa banyak mahasiswa di universitas terdekat yang mengenal perusahaan Anda dan seberapa besar kemungkinan mereka akan membeli produk atau layanan Anda saat mereka melakukan pembelian atau perbaikan komputer berikutnya. Anda dapat melakukannya dengan melakukan survei pemasaran.

Tentukan jangkauan, ukuran, dan basis dukungan pasar Anda

Sebelum Anda dapat melakukan survei di pasar tertentu, Anda harus terlebih dahulu memahami siapa target pasarnya. Pilih faktor regional dan demografis, identifikasi klien berdasarkan preferensi produk mereka, dan tentukan jumlah total orang di pasar sebelum Anda mulai.

Kurangi jumlah titik data yang diinginkan dalam riset pasar Anda menjadi daftar pendek, seperti kebiasaan membeli atau pendapatan rata-rata.

Ini agak mudah dalam pengaturan bisnis perbaikan komputer yang dijelaskan di atas. Anda akan waspada terhadap siswa. Anda mungkin, di sisi lain, mencoba menargetkan anak-anak dengan gaji lebih tinggi atau siswa yang lebih mahir secara teknologi dan yang mampu membeli sesuatu dari Anda.

Putuskan aspek pasar mana yang ingin Anda selidiki lebih jauh

Itu semua tergantung pada tujuan pemasaran Anda, dan ada banyak kemungkinan untuk dipilih. Ada kemungkinan bahwa Anda ingin mengetahui seberapa luas dikenal atau diinginkan suatu produk baru di pasar tertentu jika Anda telah mengembangkannya sendiri. Mungkin Anda tertarik untuk mempelajari pola pembelian unik dari target pasar Anda, seperti kapan, di mana, dan berapa banyak yang mereka belanjakan. Cukup pastikan bahwa Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin Anda pelajari.

Juga, spesifik tentang jenis informasi yang Anda butuhkan. Pertanyaan tentang informasi kualitatif yang tidak dapat diukur dengan mudah dengan angka, seperti apakah konsumen memiliki saran untuk meningkatkan produk atau layanan, dapat ditanyakan kepada pelanggan. Pertanyaan kuantitatif yang memberikan input data dalam bentuk angka atau yang dapat dikuantifikasi, seperti meminta peringkat dari 1 hingga 10 yang menunjukkan keefektifan produk, merupakan pilihan alternatif untuk pertanyaan kualitatif.

Selain itu, Anda mungkin ingin lebih tepat tentang faktor-faktor yang menyebabkan konsumen sebelumnya membeli produk Anda. Pertimbangkan untuk mengajukan pertanyaan spesifik kepada konsumen baru-baru ini (dalam sebulan terakhir) tentang pengalaman pembelian mereka dan bagaimana mereka mempelajari barang Anda dalam situasi ini. Anda dapat melakukan peningkatan pada apa yang dianggap berhasil oleh pelanggan sambil juga mengatasi masalah apa pun yang mungkin mereka alami.

Dalam hal perbaikan komputer, Anda mungkin ingin memperhatikan seberapa sering klien Anda kembali ke layanan Anda atau seberapa sering pelanggan baru menggunakan layanan Anda dibandingkan dengan layanan pesaing.

Cari tahu di mana dan kapan Anda dapat menjangkau orang-orang di industri Anda dengan melakukan riset pasar. Anda dapat melakukan survei secara langsung di mal atau di jalan, melalui telepon, online, atau melalui email. Hasil Anda dapat bervariasi tergantung pada hari dalam seminggu dan waktu dalam setahun. Pilih metode belajar dan jangka waktu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saat berkomunikasi dengan pelanggan Anda, ingatlah audiens target Anda. Ada kemungkinan bahwa target adalah tujuan demografis yang telah ditentukan atau mungkin hanya beberapa klien Anda sebelumnya.

Selalu ingat audiens Anda saat melakukan survei, terutama saat melakukan survei online. Ada kemungkinan target pasar Anda, terutama yang sudah berusia lanjut, tidak akan bisa menggunakan media online.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *