Makanan Lezat yang Bisa Membuat Pikiran Awet Muda

Makanan lezat yang bisa membuat pikiran awet muda

Otak Anda adalah bagian terpenting dari tubuh Anda di mana Anda harus berurusan dengan pikiran yang tak terhitung jumlahnya. Ini mengontrol tubuh Anda, membantu jantung Anda berdetak, menjaga paru-paru Anda tetap bernapas, dan memungkinkan Anda untuk merasakan, bergerak, dan berpikir. Saat ini, pikiran yang muda dan kuat sangat penting untuk kesehatan umum Anda secara keseluruhan.

Mempertahankan pikiran muda dan kuat adalah bagian penting dari hidup kita dan pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa menjaga pikiran kita tetap muda dan kuat. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa makanan lezat yang dapat Anda tambahkan ke menu makanan Anda dan membuat pikiran Anda lebih muda dan lebih kuat.

Apa Saja Makanan Lezat yang Bisa Membuat Pikiran Awet Muda?

Ikan Berlemak

Ikan berlemak menjadi prioritas saat orang membicarakan makanan yang baik untuk kesehatan otak. Ikan berlemak adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat besar. Lebih dari setengah otak Anda terdiri dari lemak yang dikenal sebagai omega-3. Saat Anda mengonsumsi asam lemak omega-3, otak Anda menggunakannya untuk membangun sel saraf dan asam lemak omega-3 ini sangat penting untuk konsentrasi, pembelajaran, dan memori.

Ini memiliki manfaat lain juga termasuk mencegah depresi dan gangguan. Menambahkan ikan ke dalam menu makanan Anda dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang positif. Makan ikan panggang atau panggang dapat meningkatkan materi abu-abu di otak Anda. Materi abu-abu membawa banyak sel saraf yang mengatur emosi, pengambilan keputusan, dan memori Anda.

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain salmon, tuna, mackerel, herring, whitefish, nila, flounder, mahi-mahi, trout, dan sarden. Anda dapat menambahkan 13,5 ons ikan dalam seminggu. Selain itu, kacang-kacangan, biji rami, dan biji-bijian lainnya juga merupakan sumber asam lemak omega-3.

Kacang-Kacangan & Biji-Bijian

Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menjaga arteri dan tingkat prekursor serotonin untuk meningkatkan mood. Mengkonsumsi kacang dalam rutinitas harian Anda dapat meningkatkan penanda kesehatan jantung Anda , dan jantung yang sehat mengarah ke otak yang sehat. Kacang dapat meningkatkan kognisi Anda dan juga mencegah Anda dari penyakit neurodegeneratif.

Makan kacang dalam jangka waktu lama dapat memberikan daya ingat yang lebih tajam dibandingkan dengan orang yang tidak makan kacang. Kacang mengandung antioksidan, vitamin E, dan lemak sehat yang memberi Anda banyak manfaat kesehatan otak. Vitamin E dalam kacang dapat melindungi membran sel Anda dari kerusakan radikal serta membantu memperlambat penurunan mental.

Semua kacang bermanfaat untuk kesehatan otak Anda, tetapi kenari terutama bisa lebih bergizi untuk kesehatan otak Anda karena mengandung asam lemak omega-3. Kacang lain yang dapat Anda sertakan dalam diet Anda adalah hazelnut, almond. Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga mengandung banyak vitamin E dan antioksidan untuk melindungi sel dari stres oksidasi.

Seiring bertambahnya usia, otak mereka dapat rentan terhadap stres oksidatif oleh karena itu, vitamin E dapat membantu mereka untuk mendukung kesehatan otak mereka dan mempertahankannya agar lebih muda dan lebih kuat. Anda dapat menambahkan biji labu dalam diet Anda karena mengandung antioksidan kuat untuk melindungi otak Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Brokoli

Brokoli mengandung banyak senyawa tanaman termasuk antioksidan. Ini memiliki sifat anti-amnesik yang membantu otak Anda dalam melestarikan memori. Brokoli sangat membantu bagi orang-orang yang berurusan dengan kelupaan dan linglung setiap hari. Anak -anak sering menghindari brokoli karena rasa dan teksturnya yang tajam, sementara menambahkan brokoli ke dalam makanan mereka dapat meningkatkan kemampuan belajar.

Senyawa lain yang dikenal sebagai sulforaphane ditemukan dalam brokoli yang meningkatkan fungsi kognitif setelah cedera otak traumatis. Senyawa ini juga dapat mengurangi pembengkakan di otak Anda. Sulforaphane memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu otak Anda membangun kembali sel-sel saraf yang rusak. Brokoli mengandung vitamin K yang membuat daya ingat lebih baik terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Alpukat

Alpukat memiliki banyak asam tak jenuh yang mendukung otak Anda. Menambahkan lemak tak jenuh tunggal ke dalam makanan Anda dapat mengurangi tekanan darah Anda , dan juga membantu otak berfungsi secara efisien. Orang dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin untuk mendapatkan penurunan kognitif. Oleh karena itu, mengonsumsi lemak tak jenuh dalam alpukat juga dapat mengurangi risiko penurunan kognitif.

Ada banyak sumber makanan lezat tak jenuh termasuk almond, kacang mete, kacang tanah, biji rami, biji chia, kedelai, bunga matahari, minyak canola, kenari, kacang brazil, dan ikan. Mengkonsumsi satu alpukat setiap hari dapat secara signifikan meningkatkan memori kerja dan keterampilan memecahkan masalah terutama pada orang dewasa yang lebih tua menurut beberapa ahli.

Baca Juga:

Gejala, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Ginjal Kronis

Urutan dalam Memakai Skincare Agar Wajah Anda Tetap Sehat

Cara Praktis Menurunkan Berat Badan untuk Pernikahan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *